Saturday, April 24, 2010

Dampak Perkembangan Informasi dan Teknologi Komunikasi

Globalisasi yang terjadi, sesungguhnya terpicu oleh berkembangnya dengan apa yang disebut sebagai Informasi dan Teknologi Komunikasi atau yang biasa disingkat dengan ICT(Information & Communication Technology). Melalui perkembangan teknologi komunikasi, maka tingkat kepdatan informasi yang dapat dipindahkan juga akan meningkat dan lebih cepat. Selain teknologi komunikasi, terjadinya perpindahan informasi mensyaratkan juga adanya media yang dapat memindahkan dan menyimpan informasi tersebut, yang menyebabkan terjadinya integrasi teknologi komputer dengan teknologi komunikasi.
Integrasi antara teknologi informatika dan komunikasi menyebabkan informasi dapat berpindah secara semakin cepat dan padat. Konsumsi informasi akan tergantung tingkat ekonomi suatu masyarakat. Selain itu juga akan tergantung pada kreativitas dari para profesi dan pekerja di bidang pembawa informasi.
Dengan berkembangnya aplikasi teknologi komunikasi dalam arti luas, maka berkembang pula pekerja pembawa informasi yaitu wartawan, editor, komputer programmers, penerbit dan lain-lain. Itu semua akan didukung oleh perkembangan teknologi komunikasi dan informatika sendiri termasuk teknologi satelit (menyangkut kompleksitas informasi dan kecepatan perambatannya).
  1. Converging technologies in communication. Berbagai teknologi komunikasi secara cepat telah merubah dirinya menjadi apa yang dinamakan sebagai computer-readable dan digital form. Sebagai salah satu contoh, musik dalam bentuk compact disc (CD) yang merupakan produk digital teknologi yang dapat didengarkan pada sebuah personal computer (PC) dan juga dapat dikirimkan melalui jaringan komunikasi. Sistem komunikasi yang lama tidak mungkin hilang dalam waktu sekejap. Sistem digital media akan berkembang bersama dengan media komunikasi yang ada (yang konvensional) seperti misalnya buku, majalah, koran dan lain-lain. Semua akan tergantung pada tingkat suatu kemampuan suatu negara atau masyarakat maupun perorangan.
  2. Perubahan model kominikasi. Perubahan yang terjadi dalam teknologi komunikasi pada akhirnya juga merubah pola-pola dalam praktek berkomunikasi. Sebagai salah satu contoh adalah PDAs (Personal Data Asistants), yang berfungsi sebagai penyimpanan data, telepon, kombinasi efektif dari intra dan interpersonal komunikasi yang terwujud dalam satu alat (single device). Dampak kondisi teknologi komunikasi seperti itu ternyata pada akhirnya menimbulkan apa yang disebut sebagai information assymmetric, yaitu ketika ada dua belah pihak yang sedang berinteraksi, salah satu pihak memiliki informasi yang lebih lengkap dari pihak yang lain. Dalam kondisi ini pemilik informasi akan memiliki peluang untuk memanfaatkan peluang yang ada.

No comments:

Post a Comment