Wednesday, April 21, 2010

DAHSYATNYA CABAI


Cabai merupakan buah atau sayuran atau bumbu yang hampir di setiap menu makan ada. Bahkan pada masakan padang, cabai merupakan bumbu makanan pokok. Ada beberapa banyak jenis cabai, diantaranya cabai rawit, cabai merah, cabai ijo dan lain-lain. Cabai rawit adalah yang memiliki cita rasa pedas yang paling pedas meskipun jika dilihat dari bentuknya yang kecil. Oleh sebab itu, sering orang mengistilahkan cabai rawit untuk anak kecil yang lincah atau lebih aktif dari anak-anak seumurannya. Cabai menjadi bumbu kesukaan banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ada beberapa orang yang jika ingin makan sehari-hari harus dengan cabai. Cabai membuat orang menjadi kecanduan. Tiada hari tanpa cabai. Itulah kata-kata untuk orang-orang yang menyukai pedasnya cabai.
Dahsyatnya cabai yang mengandung vitamin A dan C serta mengandung minyak atsiri capsaicin. Minyak tersebut memiliki banyak sekali manfaat yang menjadikan suatu cabai menjadi dahsyat. Minyak tersebut yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan rasa hangat untuk bumbu dapur dan minyak itulah yang menyebabkan orang kecanduan. Selain itu, minyak itu juga mencegah penggumpalan darah, menurunkan kadar kolestrol dan memperlambat proses penuaan. Ternyata selain dahsyatnya rasa pedas cabai, cabai juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu semua, cabai dapat menghilangkan rasa pusing, hidung tersumbat dan banyak lagi yang bisa dimanfaatkan dari cabai.
Tetapi di samping itu semua jika kita mengkonsumsi cabai secara berlebihan, menjadikan cabai racun untuk tubuh kita. Seperti biji cabai yang berlebihan akan menjadi usus buntu. Cabai yang berlebihan dan menghasilkan pedas yang luar biasa akan membuat telinga menjadi mendengung. Cabai yang berlebihan, jika lambung yang tidak kuat menerimanya akan membuat rasa sakit.
Konsumsilah cabai secukupnya dan hindarkan pengkonsumsian cabai secara berlebihan!

1 comment:

  1. baru denger mbak cabai bisa buat kecanduan!

    ReplyDelete