Sunday, May 2, 2010

TIPS MENABUNG TANPA KEKURANGAN

  • Menurunkan Porsi
Ketagihan dan membeli makanan kesukaan setiap minggu memang tidak membuat gemuk, tapi isi dompet akan berkurang. Kalau biasa pesan double, kurangi menjadi single.
  • Subsitusi
Cara lain untuk menghemat adalah dengan mengganti/subsitusi. Biasa perawatan di salon terkenal. Coba untuk di salon yang jauh lebih murah. Ganti paket pulsa mingguan dengan bulanan yang jatuhnya lebih murah
  • Mengutang
Kadang rasa ingin membeli baju di suatu butik sedang menghampiri kita dan disaat uang saku belum ada, memaksa kita untuk meminjam uang pada teman. Kalau ingin menghemat, jangan lakukan itu! Kita tidak lebih aman karena meminjam. Yang ada, dompet lebih terancam karena begitu kita dapat uang saku, uangnya harus abis untuk hal yang tidak baru-baru amat.
  • Kas Kurang Lebih Baik
"Tipu"lah diri sendiri dengan selalu membawa sedikit uang di dompet, sedangkan sisanya kita simpan di bank. Dengan sedikit uang di dompet, kita pasti akan berpikir dua kali untuk berbelanja secara impulsif. Tapi jangan menyimpan uang di bank yang banyak ATM-nya, kalau bisa, buka rekening tanpa ATM.
  • Pergi Ke Mall Setiap Minggu
Percaya atau tidak, kebanyakan uang kita habis di mall. Mulai dari makan, nonton, belanja, beli buku, semuanya bisa dilakukan dalam satu tempat. Dan itu membutuhkan banyak uang! Makanya setiap bosan jangan pergi ke mall.
  • Trik belanja secara online
Menjamurnya berbagai alamat shopping online membuat kita menganggap, berbelanja menjadi lebih murah karena tidak perlu mengeluarkan ongkos dan di antar sampai rumah. Adabenarnya juga, tapi justru itu memicu kita untuk terus berbelanja. Cara mencegahnya adalah dengan tidak membeli satu persatu karena harus membayar ongkos kirim satu persatu juga. Selain itu, lakukan penawaran pada barang tersebut.
  • Kekuatan Pikiran
Untuk apa kita menabung? tentunya untuk membeli barang yang kita inginkan. Tetapi motivasi untuk terus menabung seringkali hilang karena barang tersebut tidak ada di depan mata. Tapi ketika melewati tokonya, kita langsung menyesal memandangi tabungan yang kosong. Membuat barang tersebut menjadi terlihat dengan menempelkannya di depan meja belajar atau dompet.

No comments:

Post a Comment