Komunikasi dapat efektif (berpengaruh pada publik peneroma/komunikan), jika direncanakan dan dilaksanakan dengan baik melalui tahap-tahap sebagai berikut:
Mengenali publlic pada hakikatnya adalah mengenali pendapat umum yang berkembang pada komunitas komunikan. Pengenalan publik bisa dilakukan berdasar kerangka pengalaman dan kerangka refrensi melalui observasi dan penelitian.
Penyusunan pesan yang dikenal dengan singkatan AIDDA(Attention/perhatian, Interest/kepentingan, Desire/hasrat atau keinginan, Decision/keputusan, Action/tindakan).
Selanjutnya metode yang dipilih disesuaikan dengan pengetahuan tentang publik/penerima (komunikan), yaitu; informatif, edukatif, persuasif, dan instruktif (memaksa).
- Seleksi dan penggunaan media
Pemilikan media harus tepat sasaran sesuai dengan kondisi publik/penerima, seperti terhadap masyarakat pedesaan dapat menggunakan komunikasi tatap muka (anjangsana, dialog, dll).
Faktor yang terpenting untuk mencapai efektivitas dalam kominikasi ialah faktor kredibilitas komunikator dan media yang digunakan.
No comments:
Post a Comment