Thursday, October 7, 2010

Ilmu Komputer

Ilmu Komputer sudah muncul sejak era tahun 1940 dengan berpadunya teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Alan Turing dan Kurt Godel pada tahun 1930-an berhasil memadukan algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannya dalam sebuah alat. Prinsip algoritma yang digunakan adalah dari Ada Lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya.

Penemu algoritma itu sendiri tercatat dalam sejarah awal adalah seorang yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi. Al Khwarizmi adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan. Beliau lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini. Sedangkan komputer analog diciptakan oleh Vannevar Bush pada tahun 1920, dan disusul dengan komputer elektronik yang dikembangkan oleh Howard Aiken dan Konrad Zuse tahun 1930.

Kemudian John Von Neumann menunjukkan salah satu karyanya pada tahun 1945, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut "von Neumann machine", dimana program disimpan dalam memori. Arsitektur komputer inilah yang digunakan komputer sampai sekarang ini.

Pada tahun 1960 mulailah formalisasi Ilmu Komputer. Jurusan Ilmu Komputer pada universitas-universitas mulai diadakan. Disiplin ilmu baru ini kemudian terkenal dengan sebutan Ilmu Komputer (Computer Science), Teknik Komputer (Computer Engineering), Komputing (Computing), atau Informatika (Informatics).

Ilmu komputer (Computer Science) merupakan ilmu yang mempelajari tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software),. Ilmu komputer merupakan ilmu yang cukup luas, mencakup beragam topik mulai dari masalah teori-teori dasar sampai teknologi aplikasi yang berkaitan dengan komputer, seperti analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret misalnya: bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih kepada pemrograman komputer, dan perangkat lunak (software), sedangkan teknik komputer lebih berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Banyak orang sering yang salah dalam mengartikan istilah tersebut.

Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).

No comments:

Post a Comment